Tuesday, 27 July 2021
Share To:
feature-top

Hari ke-255 pasca Munas XII
30/11/2020


1 Korintus 12:26-27 (TB)  "Karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersukacita. Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya."


Selama tiga hari ini, kita membaca dan mendengar peristiwa yang amat memilukan hati atas peristiwa warga gereja Bala Keselamatan di dusun Lewonu Lembantongoa, yang mengakibatkan 1 gereja pos pelayanan, 6 rumah dibakar, 4 orang meninggal dunia.

Tentang peristiwa seperti ini kita hanya bisa berkata, "lagi-lagi dan lagi-lagi.." kenapa peristiwa seperti ini masih terus terjadi?.

Kasus-kasus seperti ini mungkin belum berhenti, sekalipun dan siapapun mengharapkan tidak terulang kembali.

Jika kita melihat foto di atas ini, saat ibadah pemakaman mereka yang meninggal dunia, kita melihat wajah-wajah jemaat yang kelam penuh dukacita dan keharuan yang mendalam.

Kita pasti segera berkata "turut berdukacita".

Namun jika kita perhatikan apa yang disampaikan oleh firman Tuhan tentang tubuh Kristus, maka kita tidak hanya berkata turut berduka cita, tetapi "ikut merasakan sakitnya".

Dari kasus di gereja Bala Keselamatan, mungkin kita berkata, "ah itukan bukan gereja kita!".

Benar sekali, banyak hal penderitaan dan kematian yang terjadi tidak berurusan dengan diri kita.

Namun, kalau kita meyakini kita satu tubuh, yakni tubuh Kristus, geser dulu gereja kita, lembaga kita atau apapun, mati ingat kita satu tubuh.

Ketika Bala Keselamatan sedang menderita dan sakit, kita juga pasti ikut menderita dan sakit.


Salam Injili


Ronny Mandang
Ketua Umum PGLII

Doa Kesatuan by Lumbung Yusuf

Comment

Add a Comment

Tidak Ada Tempat di Tanah Air Indonesia Bagi Terrorisme
Generic placeholder image

Rangkaian ibadah menjelang paskah adalah moment khusus bagi umat Kristiani. Minggu Palma adalah bagian dari ibadah yang jalani dengan khusyuk. Berbagai persiapan yang dilakukan oleh pengurus gereja, selain…