Friday, 18 June 2021
Share To:
feature-top

Rosh Hashanah, Menandai Tahun Baru Ibrani 5781 – Pey Aleph.

Jumat, 18 September 2020 petang hari, bersamaan dengan munculnya irisan pertama bulan baru, secara resmi Hari Raya Peniupan Sangkalala atau Rosh Hashanah dimulai, yang menandai kedatangan Tahun Baru Ibrani 5781 – Pey Aleph.
Bulan Tishri – Jadwal Hari-hari Raya YHVH (מֹועֲדֵי יְהוָה mo’adei Adonai) untuk Musim Gugur – Tahun Baru Ibrani 5781

Rosh Hashanah (bahasa Ibrani: ראש השנה) secara etimologis berarti "permulaan tahun". Hari raya ini adalah satu dari 4 perayaan tahun baru yang dilakukan oleh orang Yahudi.
Hari raya ini juga sering kali disebut sebagai Yom Teruah (bahasa Ibrani: יום תרועה Hari Meniup Serunai Shofar),
Yom Hazikarom (Hari Mengingat),
Yom Hadim (Hari Penghakiman), atau
Ianim Nora'im (Hari Pertobatan Sepuluh Hari)[3].
Dirayakan setiap tanggal 1 dan 2 bulan Tishrei, bulan ke-7 dalam Kalender Yahudi (Bulan ke-1 adalah Nisan), mendahului hari raya Yom Kippur yang diperingati tanggal 10 Tishrei. Biasanya dalam kalender Masehi, jatuh sekitar bulan September-Oktober. (wikipedia)

Memasuki tahun penanggalan Ibrani 5781, atau Pey Aleph (yang sebenarnya dimulai tanggal 18 September jam 6 sore, karena hitungan hari secara Ibrani, selalu dimulai pada jam 6 sore ke jam 6 sore hari berikutnya).

Kita telah mengerti bahwa huruf Ibrani Pey (atau disebut Fey jika ditengah huruf ini tidak terdapat titik didalam penulisan) yang memiliki nilai 80, digambarkan dengan sebuah Mulut.

Jadi disepanjang dekade 80-an ini peranan mulut kita sebagai pemercaya menjadi kunci, dekade dimana kita menjadi sepakat dengan TUHAN didalam kehendak-Nya dan tujuanNya dengan menggemakan keputusan-keputusan-Nya untuk terjadi dibumi seperti di Surga.

Aleph (1 atau juga 1,000) berbicara mengenai TUHAN yang satu-satunya, DIA yang pertama dan terutama, Yang Awal. Aleph dan Sebutan-Sebutan TUHAN didalam bahasa Ibrani: El, Elohim, Eloha, Ehyeh Asher Ehyeh (I am Who I am), Adonai, Adon Olam (Eternal LORD), Adir (Strong One), Avinu (Our Father), Abba.

Didalam bahasa Yunani huruf Aleph disebut Alpha. Kata ‘aluph' (berasal dari huruf Aleph) artinya, ‘Master' atau ‘Tuan/Tuhan' (Lord). Aleph merupakan huruf ‘silent' atau tertulis namun tidak diucapkan didalam bahasa Ibrani. YESUS adalah Yang Awal (Alpha atau Aleph) dan Yang Akhir seperti yang tertulis didalam Alkitab (Wahyu 1:8) dan di sepanjang dekade ini, Mulut (Pey) kita justru harus mendeklarasikan dan mengucapkannya: "YESUS Sang Awal juga adalah Yang Akhir, IA segera datang kembali dengan kekuatan kuasa-Nya".

"Pada mulanya adalah Firman ..." Kita diingatkan untuk kembali kepada Alkitab (back to the Bible), kepada FIRMAN TUHAN sebagai otoritas tertinggi yang mengatur kehidupan kita dan bangsa-bangsa (Yoh. 1:1). Membaca, merenungkan, memperkatakan dan melakukan kebenaran.

Restorasi segala sesuatu didalam memasuki kepenuhan-Nya termasuk juga didalam hal kebenaran Firman TUHAN harus terjadi sebelum YESUS Sang Firman itu datang kembali (KPR 3:21).

FIRMAN TUHAN memiliki otoritas tertinggi didalam kehidupan manusia dan bangsa-bangsa harus menjadi yang pertama dan terutama. Akan ada kekuatan dari TUHAN secara khusus bagi para pelaku FIRMAN TUHAN ditengah-tengah waktu-waktu yang sulit.

FIRMAN TUHAN akan membela, memerdekakan, memulihkan serta menuntun mereka yang percaya kepada-Nya. Kata Ibrani untuk "manusia" (man atau pria) adalah "Adam," manusia pertama yang dijadikan TUHAN, yang terdiri dari "Aleph" (mewakili TUHAN) dan "Dam" (darah). Adam dalam hal ini dapat mewakili umat manusia secara umum dan secara khusus para pria.

TUHAN mengubah "manusia" darah dan daging, menjadi seseorang yang memiliki "ruach" (roh yang memberi hidup) didalam diri mereka. TUHAN ingin menjadi satu dengan manusia, IA rindu tinggal didalam diri manusia, menjadi bagian didalam diri manusia dan menuntun manusia kedalam kehendak-Nya dan tujuan-Nya yang kekal.

Jika TUHAN melihat manusia yang dipulihkan, IA melihat diri-Nya sendiri yang merupakan bagian dari manusia. IA membuat Ikat Janji, "The Blood of The New Covenant" (Perjanjian Baru Darah Anak Domba) untuk membawa dan mengembalikan manusia agar kembali kepada disain awal dan berjalan bersama-Nya. Ini merupakan tahunnya setiap kita yang mengalami pemulihan-Nya untuk berjalan bersama-Nya menjadi bagian dari diri-Nya dan mengarah kepada tujuan ilahi setiap kita.

Secara khusus ini merupakan tahun bagi para pemimpin, para ayah, para suami, para pria untuk berjalan bersama-Nya didalam Ikatan Janji TUHAN dengan manusia untuk berjalan didalam kehendak-Nya, menjadi satu dengan Roh TUHAN agar menjadi teladan didalam kehidupan pribadi, rumah tangga, pekerjaan dan pelayanan.

Era "Father-less" generation harus berakhir. Hati para bapa sedang kembali kepada anak-anak mereka semakin intensive baik secara jasmani maupun rohani.

Berdoa dan deklarasikan agar para pria mendapat lawatan Roh Kudus dan mengalami pemulihan didalam roh, jiwa dan jati diri mereka, mengalami sukacita TUHAN, kasih yang mula-mula dan dikembalikan kepada disain awal TUHAN untuk berjalan bersama TUHAN.

Didalam huruf Phoenician Paleo Hebrew kuno, Aleph digambarkan sebagai kepala seekor lembu, berasal dari budaya orang Kanaan, melambangkan kekuatan, kuasa (otoritas) dan juga pemimpin.

Tahun ini merupakan Tahun Kesatuan didalam hal-hal yang kudus. Aleph adalah sebuah gambaran Kesatuan. Gematria huruf Aleph adalah 111 (Aleph = 1 + Lamed =30 + Pey = 80). Aleph adalah Satu (Echad). Bapa, Putera dan Roh Kudus adalah Satu.

Sumber HM Ministry

Iklan Patriot Garuda Nusantara
Doa Kesatuan by Lumbung Yusuf

Comment

Add a Comment

Tidak Ada Tempat di Tanah Air Indonesia Bagi Terrorisme
Generic placeholder image

Rangkaian ibadah menjelang paskah adalah moment khusus bagi umat Kristiani. Minggu Palma adalah bagian dari ibadah yang jalani dengan khusyuk. Berbagai persiapan yang dilakukan oleh pengurus gereja, selain…