Sunday, 20 June 2021
Share To:
feature-top

Jakarta, terangindonesia.id - Hari Raya Paskah jatuh pada hari Minggu, 12 April 2020 yang didahului dengan Jumat Agung. Berikut ini kutipan lengkap Pesan Paskah yang disampaikan oleh Pengurus Pusat PGLII untuk seluruh warga gereja dan umat Tuhan dimanapun berada. 

KEMENANGAN YANG MEMBANGKITKAN

“Tetapi syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita. (I Korintus. 15:57)

Salam Sejahtera,
Hari Raya Jumat Agung dan Paskah adalah momentum peringatan dan perayaan tahunan umat Kristen untuk mengingat tentang karya Allah yang melepaskan umatNya dari belenggu penderitaan (Keluaran 12:2, 11-14) dan untuk mengingat Kebangkitan Kristus yang membebaskan umat-Nya dari belenggu dosa dan maut (I Korintus 15:54b-58). 

Situasi menjelang peringatan dan perayaan tahun ini sangat berbeda dengan waktu-waktu sebelumnya, di mana masyarakat dunia dilanda pandemi Covid-19. Begitu banyak orang yang terpapar dengan virus ini. Ada banyak orang yang menjadi sembuh, namun tidak sedikit pula orang yang meninggal. Pandemi ini telah menimbulkan kegelisahan dan kepanikan di seluruh dunia. Bukan hanya karena ancaman penularannya dengan percepatan sebarannya, tetapi juga dampaknya yang multi efek.

Dalam situasi ini, telah banyak upaya dilakukan oleh semua pihak untuk berbela  kuat dan semangat untuk mempertahankan diri serta sesama dari ancaman. Sebagai bagian dari Gereja Tuhan, Persekutuan Gereja-gereja dan Lembaga-lembaga Injili Indonesia (PGLII) bukan saja bersimpati, tetapi aktif melibatkan diri sebagai partisipasi iman dan tindakan nyata bersama gereja-gereja di Indonesia, serta seluruh anak bangsa berjuang menghadapi, melawan dan menghentikan mata rantai Covid-19.

Momentum Paskah membangkitkan memori iman kita, bahwa Tuhan Allah kita telah mengikat Perjanjian dengan umat-Nya. Ia setia memenuhi janji-Nya, (Kejadian 15:13-16) dengan membebaskan umat-Nya dari perhambaan.

Paskah yang ditandai dengan Darah Perjanjian adalah bukti kuasa Tuhan Allah kita dalam membebaskan umat-Nya, yang sempurna melalui Karya Agung Yesus Kristus di atas kayu salib, sebagai Domba Paskah Sempurna yang menyelamatkan umat-Nya dari dosa dan maut (Yesaya 53; Yohanes 1:29; I Korintus 15), dan memastikan jaminan keselamatan kekal (Yohanes 15:16; 10:28-29; 6:47).

Karena itu Pengurus Pusat PGLII dalam semangat Kemenangan yang Membangkitkan, menyerukan kepada warga Gereja-gereja dan Lembaga-lembaga Injili:

1. Marilah kita merayakan Paskah 2020 sebagai ajakan Allah bagi umat-Nya untuk menghayati panggilannya di tengah ancaman pandemi Covid-19, bahwa dari Allah ada janji kelepasan, di mana Allah setia mendampingi umat-Nya menikmati ziarah iman memenangkan pertarungan, sehingga ada Nyanyian Baru yang terus dikumandangkan, Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab IA baik, bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya (Mazmur 136).

2. Marilah kita merayakan Paskah, Kebangkitan Tuhan Yesus Kristus dari kematian, dengan penuh semangat dan keyakinan menyambut kehadiran Allah dalam tiap ibadah kita, walau dilaksanakan di rumah masing-masing, baik dalam persekutuan sekeluarga, maupun dalam persekutuan jemaat lokal secara online. Kehadiran Tuhan dan FirmanNya akan melepaskan kita dari belenggu ketakutan, sehingga kita memperoleh kemenangan menuju masa depan yang penuh harapan (Yeremia 29:11).

3. Marilah kita merayakan Paskah, dengan menjaga keseimbangan Iman dan Imun: Bangun Iman melalui persekutuan yang semakin intim dengan Tuhan, berdoa dan merenungkan firman Tuhan, bersaksi dan memberitakan Injil Tuhan Yesus Kristus, serta melayani dan berdiakonia. Bangun Imun melalui makan makanan sehat, istirahat yang memadai, olahraga yang teratur, berjemur mendapatkan sinar ultra violet dan menjaga kesehatan.

4. Marilah kita di dalam situasi dan kondisi sedemikian ini menyadari panggilan kita bahwa kita harus dengan setia memberitakan Injil. (Mat. 28:19,20; Mar. 16:15)

5. Marilah kita menyukuri Paskah tahun 2020 secara berani, dengan mewujudkan partipasi aktif atau tindakan nyata dengan bahu membahu bersama semua komponen anak bangsa untuk menghadapi serta memenangkan perjuangan atas Covid-19. Kita menyadari bahwa bersama TUHAN, kemenangan berpihak pada kita, di mana badai Covid-19 pasti berlalu.

6. Marilah kita mendoakan semua bangsa di dunia; mendoakan pemerintah dan bangsa Indonesia; mendoakan tiap provinsi, kabupaten dan kota yang sudah ada warganya terpapar virus Covid-19. Kita mendoakan mereka yang berjuang keras di garis depan melawan Covid-19: Gugus Tugas Covid-19 yang membutuhkan lebih banyak lagi relawan; Tim Medis yang membutuhkan APD dan aparat keamanan yang menjalankan Maklumat Kapolri dan ketentuan pemerintah. Kita doakan pasien-pasien terpapar virus yang dalam perawatan, pasien dengan pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP). Kita bersama mendoakan semua komponen bangsa untuk dapat menghadapi serta memenangkan perjuangan melawan pandemi Covid-19.

Mari naikkan puji dan syukur, serta muliakan Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang dalam persekutuan Roh Kudus telah memberi kita Kemenangan yang Membangkitkan. Amin!





Jakarta , 3 April 2020

Salam Injili,
Pengurus Pusat PGLII,


Pdt. DR. Ronny Mandang, M.Th.
Ketua Umum

Pdt. Tommy Lengkong, M.Th                                                              
Sekretaris Umum

Iklan Patriot Garuda Nusantara
Doa Kesatuan by Lumbung Yusuf

Comment

Add a Comment

Tidak Ada Tempat di Tanah Air Indonesia Bagi Terrorisme
Generic placeholder image

Rangkaian ibadah menjelang paskah adalah moment khusus bagi umat Kristiani. Minggu Palma adalah bagian dari ibadah yang jalani dengan khusyuk. Berbagai persiapan yang dilakukan oleh pengurus gereja, selain…