Thursday, 17 June 2021
Share To:
feature-top

Hari ke-186 pasca Munas XII
22/9/2020


PERAN IMAN KITA MEMUNGKINKAN KRISTUS DIAM DI DALAM HATI KITA



"sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih." Efesus 3:17

Iman memiliki peran sangat strategis di dalam Kekristenan. Iman timbul dari pendengaran akan firman Kristus dan tanpa iman kita tidak diperkenan Tuhan.

Hidup tanpa iman adalah kekalahan, pelayanan tanpa iman nihil kuasa, ibadah tanpa iman hanya sekedar ritual. Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang kita tidak lihat.

Begitu banyak orang berkata ia adalah seorang beriman, namun iman yang seperti apa? Apakah iman itu iman yang mampu memindahkan gunung? Alkitab menjelaskan tentang orang-orang yang beriman hidupnya sangat dekat dengan Tuhan, karena pada dasarnya iman mempertemukan para penyembah Allah dengan Allah itu sendiri.

Dan seperti yang diungkap rasul Paulus kepada jemaat Efesus, iman itu memungkinkan Kristus diam di dalam hati orang percaya, sekaligus berakar di dalam kasih. Ya, iman itu memperakar kasih dalam kehidupan setiap orang percaya.

Berbahagialah setiap orang percaya yang dimampukan merefleksikan iman ke dalam beragam dimensi kehidupan, karena dengan hal itu, kuasa dan tanda-tanda kehadiran Allah nampak dalam kehidupan sehari-hari.

Apa artinya disebut pakar, tokoh, ilmuwan, rohaniwan, pendidik, pengusaha Kristen jika tanpa iman? Karenanya, sangat banyak orang-orang yang seperti itu tidak merasa terpanggil ingin melayani apalagi memberitakan Injil.

Iman yang sejati menghadirkan Kristus di dalam hati kita, dan karenanya isi hati kita jauh dari apa yang sering disebut kebencian, dendam, permusuhan, sulit mengampuni, percabulan dan hal-hal lain, yang dikatakan "dari dalam hatimu keluar...!".

Ya, hanya iman yang memungkinkan Kristus diam dan menguasai hati kita, dan itu berarti menguasai seluruh kehidupan kita.


Salam Injili


Ronny Mandang
Ketua Umum  PGLII

Iklan Patriot Garuda Nusantara
Doa Kesatuan by Lumbung Yusuf

Comment

Add a Comment

Tidak Ada Tempat di Tanah Air Indonesia Bagi Terrorisme
Generic placeholder image

Rangkaian ibadah menjelang paskah adalah moment khusus bagi umat Kristiani. Minggu Palma adalah bagian dari ibadah yang jalani dengan khusyuk. Berbagai persiapan yang dilakukan oleh pengurus gereja, selain…