Tuesday, 27 July 2021
Share To:
feature-top

Hari ini tanggal 15 Juni 2021, merupakan hari yang bersejarah bagi lahirnya Komunitas Penggiat ECO ENZIM NTT. Sebuah komunitas yang lahir dengan semangat untuk menjaga bumi NTT atau yang lebih dikenal dengan Bumi Flobamora tercinta, dengan produk ECO ENZIM sebagai sebuah ikon untuk terus membantu masyarakat NTT demi tetap menjaga bumi.

Secara pengertian ECO ENZIM merupakan sebuah larutan ajaib yang sangat multi manfaat yang terbuat dari hasil fermentasi limbah kulit buah dan sayuran segar, air dan gula, temuan dari Dr. Rosukon Poompanvong dari Thailand. Kemudian disebarkan oleh Dr. Joean Oon Siew Kee dari Penang Malaysia yang merupakan seorang ahli Naturophaty (Pengobatan Alami).

Komunitas ECO ENZIM  NTT berisi orang-orang yang peduli terhadap lingkungan dari berbagai profesi, terutama anak muda yang mau meluangkan waktu untuk terus berbagi dengan sesama, terutama yang berkaitan dengan lingkungan, pertanian dan kesehatan. Komunitas ECO ENZIM  NTT sudah ada di 22 Kabupaten/Kota yang ada di NTT lewat group atau kelompok WhatsApp yang terus melatih dan mensosialisasikan ECO ENZIM. Selain itu juga setiap anggota komunitas terus memproduksi ECO ENZIM  dari sisa sampah kulit buah dan sayuran segar, sehingga bisa membantu pemerintah untuk mengatasi persoalan sampah khususnya sampah rumah tangga.




Dengan genap satu tahun berdiri Komunitas Penggiat ECO ENZIM  NTT, banyak kegiatan yang telah dilakukan untuk membantu masyarakat seperti penyemprotan kota untuk pembersihan udara, pelatihan dan pembagian ECO ENZIM  gratis, pembangunan Lopo ECO ENZIM  sebagai Bank ECO ENZIM , membantu masyarakat terdampak bencana Badai Seroja, pemanfaatan ECO ENZIM  untuk pertanian dan banyak kegiatan lainnya. Memang Komunitas ini adalah komunitas yang digerakan secara sukarela oleh anggotanya, tetapi apa yang dilakukan cukup bermanfaat bagi masyarakat baik memberikan manfaat lingkungan, kesehatan maupun pertanian.


PELATIHAN DAN PEMBAGIAN GRATIS ECO ENZIM

Salah satu kegiatan yang dilakukan selama ini oleh Komunitas Penggiat ECO ENZIM NTT adalah Pelatihan dan Pembagian ECO ENZIM gratis kepada msayarakat. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar ECO ENZIM dapat tersebar dan dibuat oleh setiap rumah tangga yang di wilayah NTT. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi bumi NTT itu sendiri terutama untuk membantu mencegah pemanasan global, sebagai akibat dari perilaku kita.

Selama satu tahun ini Komunitas Penggiat ECO ENZIM NTT telah melakukan pelatihan dan pembagian ECO ENZIM gratis hampir di dua ratus tempat. Lokasi yang menjadi sasaran adalah gereja, sekolah, komunitas masyarakat, desa, RT maupun kumpulan keluarga lainnya. ECO ENZIM  NTT mencoba masuk ke semua komunitas ini agar ECO ENZIM  bisa bermanfaat bagi semua orang terutama masyarakat NTT.



Pelatihan dan pembagian ECO ENZIM dilakukan secara gratis dan sukarela, dimana Relawaan Penggiat ECO ENZIM NTT akan datang membawa berbagai barang keperluan pelatihan dan melakukan pelatihan, kemudian memberikan secara gratis ECO ENZIM  hasil buatan para relawan untuk di manfaatkan oleh masyarakat. Ini dilakukan untuk mempercepat proses menyebarnya ECO ENZIM  di Propinsi NTT, dengan harapan masyarakat dapat membuat sendiri dan menfaatkannya dalam kehidupannya sehari-hari.


LOPO ECO ENZIM  SEBAGAI BANK ECO ENZIM

Salah satu Cita cita Komunitas Penggiat ECO ENZIM  NTT kedepannya adalah berdirinya LOPO ECO ENZIM  sebagai bank ECO ENZIM  di sebuah lokasi, sehingga menjadi sumber ECO ENZIM  bagi masyarakat sekitarnya. LOPO ECO ENZIM  akan menjadi tempat yang menyediakan ECO ENZIM  bagi masyarakat sekitar lokasi LOPO ECO ENZIM . Hal ini untuk membantu masyarakat yang tidak dapat membuat ECO ENZIM  sendiri karena keterbatasan bahan baku seperti gula, sisa kulit buah dan sayuran. Dengan demikian akan mempermudah masyarakat untuk memperoleh larutan ECO ENZIM .

Selain itu juga LOPO ECO ENZIM  juga bisa sebagai tempat untuk tukar menukar informasi mengenai ECO ENZIM  dan juga sebagi tempat untuk membantu masyarakat mengatasi masalah kesehatan, pertanian dan lingkungan yang ada di daerah sekitar lokasi LOPO ECO ENZIM . Dengan demikian akan terjadi pengembangan terhadap produk ECO ENZIM  seperti untuk pertanian, bisa diguankan untuk membuat pupuk kompos ECO ENZIM , POC ECO ENZIM  maupun NPK ECO ENZIM .

Kehadiran Komunitas Penggiat ECO ENZIM  NTT memang baru seumur jagung, tetapi beberapa persoalan yang dihadapi masyarakat terutama masalah Dampak Perubahan Iklim yang berakibat pada bencana, seperti Badai Seroja yang dialami oleh Propinsi NTT, maka kehadiran Komunitas Penggiat ECO ENZIM  NTT ke depan akan menjadi penting, paling tidak dengan produk ECO ENZIM  kita bisa menjaga bumi kita terutama Bumi NTT....BUMI FLOBAMORA....!!!

Selamat Ulang Tahun ECO ENZIM  NTT....!!! Salam ECO ENZIM ...!!!

CHAIREL MALELAK, SP, M.Si
Penulis adalah Pendiri dan Penggiat ECO ENZIM  NTT

Doa Kesatuan by Lumbung Yusuf

Comment

Add a Comment

Tidak Ada Tempat di Tanah Air Indonesia Bagi Terrorisme
Generic placeholder image

Rangkaian ibadah menjelang paskah adalah moment khusus bagi umat Kristiani. Minggu Palma adalah bagian dari ibadah yang jalani dengan khusyuk. Berbagai persiapan yang dilakukan oleh pengurus gereja, selain…