Friday, 18 June 2021
Share To:
feature-top

Jokowi yang menjadi inspektur upacara mengenakan pakaian adat khas Timor Tengah Selatan


Presiden Joko Widodo menghadiri Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 di halaman Istana Merdeka, Senin (17/8). Dalam acara tersebut, Jokowi yang menjadi inspektur upacara mengenakan pakaian adat khas Timor Tengah Selatan,  Nusa Tenggara Timur.

Pakaian adat yang dikenakan Jokowi menggunakan kain motif kaif berantai dari Nunkòlo, TTS, NTT. Motif tersebut sudah dimodifikasi dari bentuk belah ketupat dengan batang tengah yang berarti sumber air.

Sementara, bagian pinggirnya yang bergerig melambangkan wilayah yang berbukit dan berkelok-kelok. Adapun warna merah di pakaian adat tersebut melambangkan keberanian laki-laki Nunkolo.

Dester (ikat kepala) atau pilu memiliki tiga jenis Yi U Raja dengan bentuk dua tanduk kecil. Hal tersebut berarti fungsi raja yang melindungi. Sedangkan, ikat yang menjadi penutup kepala diartikan sebagai mahkota raja.

Tas yang dikenakan Jokowi untuk menunjukkan budaya makan sirih pinang dan kapur. Hal tersebut dikenakan untuk menandakan adanya budaya pemersatu bangsa. Selain itu, tas tersebut melambangkan tanda kasih dan hormat.

Adapun, aksesoris tak hanya dikenakan untuk menambah keindahan kain tenun. Aksesoris tersebut juga dikenakan untuk memberi makna kegunaan praktis.

Sumber: Katadata.co.id

Iklan Patriot Garuda Nusantara
Doa Kesatuan by Lumbung Yusuf

Comment

Add a Comment

Tidak Ada Tempat di Tanah Air Indonesia Bagi Terrorisme
Generic placeholder image

Rangkaian ibadah menjelang paskah adalah moment khusus bagi umat Kristiani. Minggu Palma adalah bagian dari ibadah yang jalani dengan khusyuk. Berbagai persiapan yang dilakukan oleh pengurus gereja, selain…