Friday, 18 June 2021
Share To:
feature-top

Hari ke-181 pasca Munas XII
17/9/2020



JANGAN TAKUT, TUHAN MEMEGANG TANGAN KANAN KITA, TUHAN MENOLONG KITA


"Sebab Aku ini, TUHAN, Allahmu, memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu: "Janganlah takut, Akulah yang menolong engkau." Yesaya 41:13


Nabi Yesaya menyerukan bahwa Israel yang semula bernama Yakub telah dipilih Tuhan dan diangkat menjadi hamba-Nya. Oleh ketetapan Tuhan, Israel menjadi suatu bangsa yang besar, yang diakui dan disegani oleh musuh-musuh yang berada di sekelilingnya.

Namun demikian sebagai suatu bangsa, Israel seringkali tidak setia kepada Tuhan yang telah memanggil dan memilihnya. Israel menjadi sosok bangsa yang berjalan dalam kegelapan, bertindak sendiri dan sesukanya, dan karenanya Tuhan berkali-kali mendatangkan hukuman, termasuk di antaranya dari musuh-musuh yang berada di sekitarnya.

Namun, Tuhan yang memanggil Israel, dalam seruan Yesaya tidak berubah di dalam kasih dan setiaNya. Bahkan Yesaya telah menubuatkan akan datang Mesias yang disebut Imanuel bagi Israel.

Tidak selamanya Israel berjalan dalam kegelapan, kelak akan muncul terang dan karena terang itu Israel bangkit serta bersinar! Kita bukan Israel, namun sebagai orang yang percaya dan menerima Tuhan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat, kita menjadi Israel yang dicangkokkan, Israel rohani.

Sebagai Israel rohani, musuh-musuh kita adalah kuasa-kuasa kegelapan, roh-roh dan penguasa-penguasa jahat di udara, yakni Iblis dengan para malaikat jahat.

Dalam konteks itu, kita tidak sendirian, Tangan Tuhan yang perkasa selalu memegang tangan kanan kita, dan menuntun kita kepada jalan yang sesuai dengan kehendak dan rencanaNya.

Sama seperti Israel, demikian pula kita, yang tidak ada apa-apanya jika tanpa Tuhan. Semua perjalanan kita akan gagal dan tersesat jika Tuhan tidak memegang tangan kanan kita.

Mari, biarkan tangan Tuhan yang perkasa terus memegang tangan kita. Bersama Tuhan Yesus Kristus kita tidak akan tersesat. Bersama Tuhan Yesus segala persoalan kita kan ditolongNya.

Jangan takut, kita tidak pernah sendirian lagi.


Salam Injili


Ronny Mandang
Ketua Umum PGLII

Iklan Patriot Garuda Nusantara
Doa Kesatuan by Lumbung Yusuf

Comment

Add a Comment

Tidak Ada Tempat di Tanah Air Indonesia Bagi Terrorisme
Generic placeholder image

Rangkaian ibadah menjelang paskah adalah moment khusus bagi umat Kristiani. Minggu Palma adalah bagian dari ibadah yang jalani dengan khusyuk. Berbagai persiapan yang dilakukan oleh pengurus gereja, selain…