Friday, 18 June 2021
Share To:
feature-top

Anak pertama di bumi ini yang dicatat oleh alkitab adalah Kain. Kain adalah hasil dari pembuahan dari Adam dan Hawa (Kejadian 4:1).

Membangun hubungan keluarga dan memiliki anak adalah mandat pertama dari Allah (Kejadian 1:28).

Tidak berhenti hanya dengan melahirkan anak, namun juga perlu bertanggung jawab untuk membesarkan anak tersebut dengan Firman Tuhan agar ketika besar nanti mereka tidak menyimpang ke jalan yang salah (Amsal 22:6).


Proses tersebut yang dapat dikatakan sebagai pemuridan.

Pemuridan bukan berarti harus diadakan di sekolah ataupun lembaga formal lainnya. Pemuridan juga bukan harus dilakukan dengan formal dengan legalisme yan mengikat.

Pemuridan artinya memberi bimbingan, mengajar atau melatih anak dalam hal disiplin.

Lukas memakai kata διδάσκω (transliterasi: didasko ́)  ketika menggambarkan bagaimana Musa dan Paulus dididik. (Kis 7:22; Kis 22:3).

Yang ketiga adalah μαθητεύω (transliterasi: mathéteuó) menjadikan murid sampai memiliki loyalitas dan sikap berbakti.

Ketiga kata ini mengacu kepada proses pemuridan anak sesuai dengan Amanat Agung yang Tuhan Yesus berikan sebelum naik ke surga (Matius 28:19).


Pemuridan anak sendiri diperintahkan oleh Tuhan Yesus saat di muka bumi.

Dalam Matius 18:1-14, Yesus fokus membahas pemuridan anak yang sangat penting. Lalu di ayat 14, Yesus memberikan kesimpulan pentingnya pengajaran tentang anak karena, “Demikian juga Bapamu yang di sorga tidak menghendaki supaya seorangpun dari anak-anak ini hilang".

Kata hilang di ayat ini bukan hanya sekedar hilang di rumah dan ternyata mereka pergi ke rumah tetangga atau saat bepergian di taman bermain mereka hilang dan dapat ditemukan.

Kata hilang di ayat ini berasal dari kata ἀπόλλυμι (transliterasi: apollumi) yang dalam bahasa inggris permanent destruction atau lebih tepat dikatakan binasa. Inilah hati Bapa yang mengasihi anak-anak, Ia tidak ingin mereka binasa yang mana Bapa tidak akan pernah bisa bertemu dengan anak-anak yang terhilang.


2 (dua) alasan pentingnya pemuridan anak sangat penting karena mereka mudah diajar dan mudah percaya.

Matius 18:6 menjelaskan, "Tetapi barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil ini yang percaya kepada-Ku, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia ditenggelamkan ke dalam laut.” Dalam ayat ini fokusnya seringkali memberikan alarm bagi para pengajar agar mengajar dengan benar, namun dari sisi lain berbicara bahwa alarm ini diberikan Tuhan Yesus karena menyadari anak-anak sering mudah percaya.

Jones A. Melvin menjelaskan bahwa anak-anak mudah percaya dan orang dengan mudah mengajar anak tentang Tuhan Yesus dan jalan keselamatan.

Anak akan mudah menyerahkan diri untuk menerima Yesus sebagai Juruselamat tanpa kesukaran.

Elizabeth B. Hurlock menjelaskan dalam buku Psikologi Perkembangan, bahwa kecenderungan anak mengenal konsep agama dan kehidupan setelah mati mengikuti dari lingkungan sekitar, seperti orang tua, teman, dan lainnya.

Dengan demikian peran pembimbing anak sangat penting untuk mengantar anak-anak mengenal Yesus dan memuridkan mereka sejak dini agar mereka memiliki fondasi Firman Tuhan yang kuat sejak kecil, sehingga dengan fondasi yang kuat, mereka akan kuat dalam menghadapi badai apapun sampai sudah besar nanti.

Dengan materi TMC Indonesia, orang tua dan para pendidik dapat menggunakan sebagai materi pemuridan anak yang berlandaskan Firman Tuhan dan disajikan dengan menarik.

Jika anda tertarik untuk mendapatkannya, dapat menghubungi 0811 8992 991 atau kunjungi tmcindonesia.org. Mari kita bersama-sama lakukan pemuridan kepada anak-anak demi generasi kuat yang takut akan Tuhan.


Ezra Natan, SE., M.Th., CBC.
Wakil Direktur TMC Indonesia | www.tmcindonesia.org

Iklan Patriot Garuda Nusantara
Doa Kesatuan by Lumbung Yusuf

Comment

Arnold Katiandagho

Yes I'm agree

Add a Comment

Tidak Ada Tempat di Tanah Air Indonesia Bagi Terrorisme
Generic placeholder image

Rangkaian ibadah menjelang paskah adalah moment khusus bagi umat Kristiani. Minggu Palma adalah bagian dari ibadah yang jalani dengan khusyuk. Berbagai persiapan yang dilakukan oleh pengurus gereja, selain…