Sunday, 20 June 2021
Share To:
feature-top

Jakarta, terangindonesia.id - Djasarmen Purba tak memungkiri adanya upaya untuk mengganggu stabilitas pemerintahan. Menurut pria kelahiran Simalungun ini, “Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya kelompok masyarakat yang memainkan identitas perbedaan suku, agama maupun aliran politik yang berdampak pada pembeturan sesama anak bangsa.”

Menurut Senator DPD RI wakil dari Provinsi Kepulauan Riau pada dua periode, yaitu periode tahun 2009-2014 dan tahun 2014-2019 “Mereka berupaya agar stabilitas pemerintahan terganggu yang pada akhirnya persatuan terpecah.”

Djasarmen Purba membenarkan bahwa hal Kebangsaan dijadikan isu politik,  “Betul, hal Kebangsaan dijadikan isu politik dengan tujuan untuk mengganggu roda pemerintahan.” Tegas Ketua Umum MUKI (Majelis Umat Kristen Indonesia-red), organisasi kemasyarakatan berbasis agama yang kini sudah tersebar di berbagai provinsi di seluruh nusantara.

Terwujudnya MUKI sebagai lembaga bersama di kalangan umat yang mampu mengadakan dialog antar sesama dan antar umat beragama beserta Pemerintah, ikut serta melakukan kerjasama dengan semua pihak dilandasi kasih, kebenaran, keadilan dan kesetaraan, sehingga masyarakat makin rukun, damai, sejahtera dan maju dalam NKRI yang berdasarkan Pancasila, UUD 1945 dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika.

Bagi Djasarmen yang menjadi salah satu narasumber dalam webinar “Harmoni Kebangsaan” berharap bahwa masyarakat secara perorangan atau kelompok tetap menjaga agar selalu ada komunikasi dan kolaborasi antar kelompok masyarakat. Mengenalkan keragaman budaya dan suku bangsa secara terus menerus, khusus kepada kaum millenial. “Dan, kembali menghidupkan pelajaran Pancasila di sekolah-sekolah.”

Berbicara tentang Kebangsaan, “Mengingatkan kita pada sila ketiga Pancasila Persatuan Indonesia. Yaitu kita harus bangga sebagai bangsa Indonesia. Bangsa yang punya Bhinneka Tunggal Ika itulah Harmoni Kebangsaan.” [Jerimia R. Vegas]

Iklan Patriot Garuda Nusantara
Doa Kesatuan by Lumbung Yusuf

Comment

Add a Comment

Tidak Ada Tempat di Tanah Air Indonesia Bagi Terrorisme
Generic placeholder image

Rangkaian ibadah menjelang paskah adalah moment khusus bagi umat Kristiani. Minggu Palma adalah bagian dari ibadah yang jalani dengan khusyuk. Berbagai persiapan yang dilakukan oleh pengurus gereja, selain…