Sunday, 20 June 2021
Share To:
feature-top

Coronavirus: Pandemi 'Memburuk' Diberbagai Belahan Dunia

Perdana Menteri Jean Castex memperingatkan bahwa pandemi semakin memburuk. Sementara Perancis tidak berencana untuk membawa pembatasan yang lebih keras, pihak berwenang berharap untuk memperkenalkan pengujian yang lebih efektif. Mengejar ketinggalan pada terbaru di sini.

Perdana Menteri Prancis Jean Castex pada hari Jumat memperingatkan bahwa situasi virus "jelas memburuk" karena otoritas kesehatan terus mencatat peningkatan kasus yang stabil.

Meskipun demikian, Castex mengumumkan bahwa Prancis mengurangi masa isolasi diri dari 14 hari menjadi tujuh hari karena ini adalah "ketika ada risiko penularan yang nyata." Prancis berharap masa isolasi yang lebih singkat akan lebih mudah diberlakukan.

Hampir 10.000 kasus baru telah dicatat setiap hari dalam dua hari terakhir - rekor sejak pengujian skala luas dimulai. Castex mengatakan peningkatan rawat inap telah sangat memprihatinkan. Banyak orang meninggal di seluruh dunia selama gelombang virus awal ketika unit perawatan intensif menjadi kewalahan.

Angka terbaru untuk Prancis menunjukkan total korban tewas di 30.893 dengan lebih dari 401.000 infeksi.

Seputran Dunia

Resolusi PBB untuk "comprehensive and coordinated response" terhadap pandemi COVID-19 diadopsi oleh mayoritas dari 169 negara anggota selama pemungutan suara hari Jumat.

Langkah itu, yang telah dinegosiasikan sejak Mei, "mengakui peran kepemimpinan utama WHO dan peran mendasar sistem PBB dalam mengkatalisasi dan mengoordinasikan respons global yang komprehensif terhadap pandemi COVID-19."

Teks "menyerukan kerja sama internasional yang diintensifkan dan solidaritas untuk menahan, mengurangi dan mengatasi pandemi dan konsekuensinya." Ini meminta negara-negara untuk mempertahankan rantai pasokan makanan dan pertanian dan meminta pemerintah untuk berpikir tentang perubahan iklim sambil membangun kembali ekonomi mereka.

Resolusi ini adalah menunjukkan persatuan bagi badan PBB tetapi tidak mengikat secara hukum. AS dan Israel memilih menentang resolusi tersebut. Hongaria dan Ukraina abstain.

Eropa

Di Inggris, uji coba untuk vaksin coronavirus yang diproduksi oleh AstraZeneca dan Oxford University telah dilanjutkan setelah Medicines Health Regulatory Authority (MHRA) mengkonfirmasi aman untuk melakukannya, perusahaan mengatakan pada hari Sabtu.

Uji coba vaksin eksperimental, salah satu yang paling maju saat ini dalam pengembangan, telah ditangguhkan setelah subjek studi di Inggris jatuh sakit minggu ini.

Di Jerman, badan kesehatan masyarakat negara itu, Robert Koch Institute, melaporkan peningkatan 1.630 infeksi baru dalam sehari terakhir.

Peningkatan itu terjadi ketika protes terjadi di beberapa kota Jerman terhadap langkah-langkah penguncian virus corona. Pada hari Sabtu, pawai oleh pengunjuk rasa di kota selatan Munich dibatalkan lebih awal setelah polisi turun tangan untuk menegakkan langkah-langkah kebersihan. Sebuah reli yang lebih besar pergi ke depan kemudian di sore hari. Demonstrasi lain telah terjadi di Wiesbaden dan Hannover.

Dalam berita lebih lanjut dari Jerman: Seluruh tim tinju amatir nasional, termasuk pelatih dan pengawas, telah terinfeksi virus corona di sebuah kamp pelatihan di Austria. Para atlet dan staf akan diizinkan untuk melakukan perjalanan pulang setelah karantina 14 hari. Tidak ada kasus serius yang dilaporkan.

Di Italia, jumlah orang yang dites positif virus corona terus meningkat untuk minggu keenam berturut-turut.
Kenaikan telah didorong oleh orang-orang yang kembali dari liburan dan negara meningkatkan kapasitas pengujiannya.

Asia and Oceania

India melaporkan lonjakan rekor kasus virus corona untuk hari kedua berturut-turut, mencatat 97.570 infeksi baru, menurut kementerian kesehatan federal.

Dengan total kasus lebih dari 4,65 juta, India adalah negara yang terkena dampak terburuk kedua di dunia setelah AS.

Pemerintah Australia telah memperpanjang lockdown - yang akan berakhir pada hari Minggu - selama dua minggu lagi. "Anda hanya dapat menjaga angka rendah jika Anda pertama kali mendorong mereka ke tingkat yang sangat rendah," Victoria Premier Daniel Andrews mengatakan kepada sebuah briefing berita.

Victoria - negara bagian terpadat kedua di Australia - telah menjadi episentrum wabah di negara itu.

Africa

Bar di Zambia diatur untuk dibuka kembali, kata Presiden Edgar Lungu dalam pidato kepada anggota parlemen. Mereka telah ditutup sejak Maret tetapi akan dibuka secara terbatas selama akhir pekan. Lungu memperingatkan: "Jika ada melanggar aturan dari pedoman kesehatan masyarakat ini, saya akan kembali tanpa pilihan selain menutupnya lagi."

Zambia adalah di antara sejumlah negara Afrika selatan yang membatasi penjualan alkohol selama pandemi, termasuk Afrika Selatan dan Zimbabwe.

Amerika

Meksiko mencapai tonggak gelap dari 70.000 kematian akibat virus corona setelah 534 orang meninggal akibat virus dalam 24 jam terakhir. Sebelumnya, pihak berwenang memperkirakan virus akan menyebabkan antara 8.000 hingga 60.000 kematian - dalam skenario "bencana" terburuk.

Untuk pertama kalinya sejak Maret, otoritas kesehatan Kanada melaporkan tidak ada kematian akibat virus corona. Sejauh ini selama pandemi, ada total 9.163 kematian dan lebih dari 135.000 infeksi di negara itu.

Rumah sakit AS telah menolak sekitar sepertiga dari persediaan remdesivir obat COVID-19 yang dialokasikan  sejak Juli, Departemen Kesehatan dan Layanan Manusia mengkonfirmasi.

Permintaan untuk antivirus mahal telah jatuh, sebagian karena rumah sakit menyimpan obat untuk pasien yang paling parah sakit.

kmm/rc (dpa, Reuters, AFP)

Iklan Patriot Garuda Nusantara
Doa Kesatuan by Lumbung Yusuf

Comment

Add a Comment

Tidak Ada Tempat di Tanah Air Indonesia Bagi Terrorisme
Generic placeholder image

Rangkaian ibadah menjelang paskah adalah moment khusus bagi umat Kristiani. Minggu Palma adalah bagian dari ibadah yang jalani dengan khusyuk. Berbagai persiapan yang dilakukan oleh pengurus gereja, selain…