Friday, 18 June 2021
Share To:
feature-top

Hari ke-188 pasca Munas XII
24/9/2020


BERDOALAH JUGA DI DALAM ROH KUDUS


"Akan tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, bangunlah dirimu sendiri di atas dasar imanmu yang paling suci dan berdoalah dalam Roh Kudus." Yudas 1:20

Firman Tuhan mengajarkan bahwa kita berdoa dengan "akal budi", "dengan roh", dan "di dalam Roh Kudus"!

Apa maksudnya berdoa di dalam Roh Kudus? Hal yang pertama patut kita mengerti, bahwa setiap orang yang telah menerima Tuhan Yesus dalam kehidupannya, telah mengalami kelahiran baru atau ciptaan baru, ia dipenuhi oleh Roh Kudus.

Ya benar, hal ini kemudian akan membedakan "manusia Kristen rohani" yang dipenuhi oleh Roh Kudus dengan "manusia Kristen duniawi" yang tanpa Roh Kudus.

Manusia Kristen duniawi bukan berarti tidak rajin beribadah dan melayani, bukan berarti tidak hafal Doa Bapa Kami dan Pengakuan Iman Rasuli hanya saja semua itu dijalani dalam batas-batas ritual atau beragama belaka.

Tetapi manusia Kristen rohani tidak sekedar beragama dan tahu ini dan tahu itu. Manusia Kristen rohani hidup dipenuhi oleh Roh Kudus dan ia berpikir, berkata-kata atau berperilaku tak lepas dari tuntunan Roh Kudus yakni ALLAH itu sendiri.

Karena itulah manusia Kristen rohani akan berdoa di dalam Roh Kudus, ia berdoa di mana saja dan kapan saja selalu di dalam Roh Kudus, karena hidupnya kudus dan senantiasa dikuduskan oleh Roh Kudus.

Tentu saja setiap orang yang berdoa di dalam Roh Kudus juga berdoa dengan akal budinya serta rohnya. Kehidupan yang dipenuhi Roh Kudus dan melakukan segala sesuatu dalam pimpinan Roh Kudus adalah kenikmatan ilahi yang tiada taranya sementara diri masih berada di dalam dunia yang penuh keberdosaan.

Mari, setiap orang Kristen yang semakin hari semakin serupa dengan Kristus, ia memiliki gaya hidup dan gaya doa yakni tetap setia di dalam Roh Kudus.

Siapa yang tunduk kepada Roh Kudus, ia mengerti kehendak Allah, ia melakukan segala sesuatu yang sesuai dengan kehendak Allah.


Salam Injili


Ronny Mandang
Ketua Umum PGLII

Iklan Patriot Garuda Nusantara
Doa Kesatuan by Lumbung Yusuf

Comment

Add a Comment

Tidak Ada Tempat di Tanah Air Indonesia Bagi Terrorisme
Generic placeholder image

Rangkaian ibadah menjelang paskah adalah moment khusus bagi umat Kristiani. Minggu Palma adalah bagian dari ibadah yang jalani dengan khusyuk. Berbagai persiapan yang dilakukan oleh pengurus gereja, selain…