Friday, 18 June 2021
Share To:
feature-top

Hari ke-187 pasca Munas XII
23/9/2020


BANGUN DIRI SENDIRI DI ATAS DASAR IMAN YANG PALING SUCI


"Akan tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, bangunlah dirimu sendiri di atas dasar imanmu yang paling suci dan berdoalah dalam Roh Kudus." Yudas 1:20

Kehidupan secara pribadi, atau diri sendiri, harus dibangun! Bukan dalam arti manusia lahiriah tetapi manusia batiniah. Bukankah banyak orang Kristen yang alami kegagalan dan menyerah dalam kekalahan di kehidupan ini? Ada stigmasasi yang berkata, "Mengapa semakin dekat Tuhan kehidupan dan tantangan semakin berat?".

Di satu sisi, pertanyaan seperti itu bisa saja benar, tetapi pada sisi yang lain, tentu saja keliru sebab setiap orang yang semakin dekat Tuhan keadaannya semakin mampu hadapi berbagai tantangan yang berat.

Maksudnya, ketika seseorang mengalami Kelahiran Baru ia mulai mengalami perubahan kehidupan, misalnya menyukai hal-hal yang rohani, berdoa, baca Alkitab, beribadah dan berlanjut menyadari ia dipanggil melayani Tuhan sesuai dengan karunia rohani yang diberikan Tuhan kepadanya.

Karena itu, firman Tuhan menegaskan setiap orang dipanggil untuk membangun dirinya sendiri di atas dasar imannya yang paling suci. Apa artinya disebut "iman yang paling suci?", artinya tiap-tiap orang percaya harus memiliki dan hidup dari iman yang berelasi langsung dengan Tuhan Yesus dan Kitab Suci yang dibangun terus menerus dengan sikap hormat, tulus dan kudus.

Dan bukan dari iman yang setengah-setengah atau iman yang hanya dibibir. Dengan kata lain, Kristen yang duniawi tentu tidak memunculkan iman yang suci.

Harus diingat juga, jangan begitu gencar membangun kehidupan orang lain agar kokoh dalam iman, namun diri sendiri nihil dari iman yang suci.

Nah, mari kita bangun diri kita sendiri, bangun dari dasar iman yang mampu memindahkan gunung, yang menuntun jalan kehidupan sehingga berjalan dengan percaya bukan dengan melihat.

Mari bangun diri kita sendiri menjadi bangunan Allah yang disusun melalui iman suci, dan menghasilkan bangunan kehidupan yang kokoh dipenuhi kemuliaan Kristus.


Salam Injili


Ronny Mandang
Ketua Umum PGLII

Iklan Patriot Garuda Nusantara
Doa Kesatuan by Lumbung Yusuf

Comment

Add a Comment

Tidak Ada Tempat di Tanah Air Indonesia Bagi Terrorisme
Generic placeholder image

Rangkaian ibadah menjelang paskah adalah moment khusus bagi umat Kristiani. Minggu Palma adalah bagian dari ibadah yang jalani dengan khusyuk. Berbagai persiapan yang dilakukan oleh pengurus gereja, selain…