Sunday, 20 June 2021
Share To:
feature-top

Jakarta, terangindonesia.id – Lumbung Yusuf Indonesia dan pelayanan My Home kembali mengadakan aksi sosial berupa dapur umum untuki wilayah RW 06 dan RW 07 Petamburan, Jakarta Pusat. Dua organisasi sosial ini menyebut kegiatan sosial ini dengan nama Lumbung Nusantara.

Sejak ancaman wabah Corona, Lumbung Nusantara telah beberapa kali mengadakan kegiatan sosial berupa Dapur Umum dan Pembagian Sembako bukan hanya di Jakarta, tetapi juga di beberapa tempat di Bogor, Bekasi, Depok dan Tangerang.

Menurut Rahmat Manulang, aksi sosial yang dilakukan Lumbung Nusantara tak melulu dapur umum, “Kami sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat.” Untuk pembagian sembako, menurut direktur STT LETS ini, juga kami pilah sesuai permintaan. “Pasti ada beras, minyak goreng atau makanan kaleng, telur… diupayakan yang tidak menyulitkan dalam proses penyajiannya. Kita pikirkan juga untuk mereka yang misalnya kesulitan gas tabung untuk memasak. Kombinasi dapur umum dan sembako, juga menjadi pemikiran dan perhatian kami. ”

Ketua RW 06 Petamburan, Michael Nurman menyampaikan bahwa dapur umum Lumbung Nusantara ini memang diperuntukkan bagi warga masyarakat terutama yang terdampak langsung, misalnya ada warga yang terkena PHK, ojek motor, maupun yang tidak berpenghasilan.

Wilayah RW 06 dan 07 sudah 3 kali menyalurkan sembako untuk 620 warganya. “Sumbangsih terbesar memang dari Lumbung Nusantara ini.” Disebutkan warga sangat berterima kasih, “Sambil menunggu bantuan yang belum turun dari Pemerintah.”

Michael Nurman juga menyampaikan terima kasih atas keterlibatan warga untuk selalu menjaga kebersihan dan menaati penggunaan masker. “Alhamdulilah, di lingkungan kami dan RW-RW lain memiliki karang taruna dengan mobilitas tinggi. Portal kami jaga 24 jam. Keterlibatan Karang Taruna sangat membantu dalam mengawasi warga maupun keluar-masuknya orang per orang di wilayah ini.”

“Kami tak henti melakukan edukasi kepada warga untuk selalu hidup bersih, menjaga jarak satu dengan lainnya. Kepada semua Ketua RT saya himbau untuk menjaga warga untuk stay at home. Dalam 2 minggu ini kelihatan warga sudah mulai disiplin. Selalu cuci tangan, pakai masker dan lebih banyak waktu di rumah, selalu saling menjaga jarak.” “Alhamdulilah, RW 06 dan 07 masih 0 yang diduga terpapar Covid 19.”

Rahmat Manullang kepada Chronosdaily menyebutkan bahwa inilah saatnya untuk “Berani”, “Berani itu Berbagi untuk Negeri.” Lumbung Nusantara hadir bukan karena ada bencana, tetapi “Program BERANI, Berbagi untuk Negeri sebagai bentuk kepedulian membantu mereka yang membutuhkan.”

Program jangka pendek BERANI ini disebutkan hingga akhir Mei 2020 dan akan di evaluasi apakah perlu diperpanjang, atau menyeseuaikan kembali pada jadwal program yang akan berjalan. “Terkait wabah Covis 19 dan persiapan selama bulan puasa kita sudah buka posko-posko se-Jabodetabek untuk memudahkan pendistribusian aksi sosial ini.”

Untuk jangka pendek, Rahmat Manullang melihat bahwa diadakannya dapur umum ataupun pembagian sembako memang harus dilakukan, tetapi bagi yang terdampak tentu aksi ini sangat menolong tetapi tidak untuk seterusnya. Lumbung Nusantara yang didukung oleh Yayasan Lumbung Yusuf Indonesia dan My Home, “Bukan hanya menyiapkan ikannya, karena mereka juga butuh kail untuk bertahan dalam waktu yang lebih panjang. Lumbung Nusantara sudah menyiapkan pelatihan padat karya. Salah satunya di Jonggol di kabupaten Bogor.”

Diakuinya, Lumbung Nusantara yang melakukan berbagai kegiatan sosial sangat terbuka juga untuk menjalin kerja sama dengan lembaga maupun pribadi-pribadi yang memiliki visi yang sama, atau setidaknya dapat mendukung visi Lumbung Nusantara. Adanya gerakan BERANI (Berbagi untuk Negeri) memang bertujuan membantu mereka yang berkebutuhan. "Kita tidak bisa cuma ngomong, perlu aksi nyata dalam bentuk aksi kemanusiaan."

Di masa pandemi Covid 19 ini, Lumbung Nusantara memberi kesempatan kepada siapapun, secara pribadi maupun atas nama lembaga dapat menyalurkan bantuan kepada Yayasan Lumbung Yusuf Indonesia melalui rekening bank : CIMB Niaga 804441112800

Iklan Patriot Garuda Nusantara
Doa Kesatuan by Lumbung Yusuf

Comment

Add a Comment

Tidak Ada Tempat di Tanah Air Indonesia Bagi Terrorisme
Generic placeholder image

Rangkaian ibadah menjelang paskah adalah moment khusus bagi umat Kristiani. Minggu Palma adalah bagian dari ibadah yang jalani dengan khusyuk. Berbagai persiapan yang dilakukan oleh pengurus gereja, selain…